RSS

Cerita saya tentang 0/0

04 Feb

sumber: devianart.com

Pada tulisan kali ini saya akan menguraikan sedikit tentang bentuk tak tentu . mengapa disebut sebagai bentuk tak tentu? Untuk mengetahuinya, mari kita simak sedikit pengalaman saya pada masa kuliah.

Awal kisah dimulai ketika masa orientasi mahasiswa baru. Kebetulan saya diterima sebagai mahasiswa jurusan pendidikan matematika di sebuah universitas di kota Bandung. Seperti biasa, setiap mahasiswa baru harus mengikuti masa orientasi baik tingkat universitas atau jurusan.

Ketika mengikuti orientasi jurusan saya diberi beberapa tugas termasuk harus mengikuti wawancara yang dibagi ke dalam beberapa pos salah satunya pos kematematikaan. Ketika di dalam pos ini saya di beri beberapa pertanyaan mendasar tentang konsep matematika yang waktu SMA saya pernah mendengarnya namun belum tahu konsepnya. Beberapa pertanyaan bisa saya jawab, namun ada satu pertanyaan yang membuat saya bingung yaitu ketika ditanya berapa hasil dari  , , . Saya pun tidak lulus dalam pertanyaan tersebut.

Waktu pun berlalu, dan saya sibuk dengan kuliah. Akhirnya saya pun menemukan jawaban yang menurut saya paling dapat saya fahami. Saya lupa tepatnya, apakah ketika kuliah atau ketika diskusi ringan di himpunan.

Saya coba untuk mengingat kembali penjelasannya.


Untuk membuktikan bahwa merupakan bentuk tak tentu kita misalkan hasilnya c dengan c anggota bilangan real.

 

Dari bentuk terakhir, kita harus mencari bilangan c sehingga jika dikalikan dengan nol hasilnya nol. Dan jawabnya adalah semua bilangan. Oleh karena itu, bentuk merupakan bentuk tak tentu karena jawabannya banyak.
Terus bagaimana dengan dan ? Dengan cara yang serupa, kita akan mendapatkan jawaban bahwa hasilnya tidak terdefinisi dan hasilnya nol.


Itulah sedikit cerita tentang proses penemuan alasan mengapa disebut tak tentu.

Semoga bermanfaat…

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 4, 2012 in Cerita

 

Tag: ,

2 responses to “Cerita saya tentang 0/0

  1. nurulbio

    April 8, 2012 at 4:24 pm

    Oo….gitu ya Pak. Thx infonya

     
  2. nurulbio

    April 8, 2012 at 4:25 pm

    Oo…gitu ya. Thx infonya

     

Tinggalkan Balasan

 
