RSS

Perlunya niat dalam belajar

19 Jan

Sebenarnya, sebelum melakukan apa pun, harus di awali dulu dengan niat, begitu juga dengan belajar serta mengajar. Karena niat dapat menjadi arah dalam kita bertindak, sehingga tindakan kita menjadi lebih fokus dan terarah.

Pergi ke sekolah pun perlu niat, niat apa? ya niat belajar, menuntut ilmu. Sehingga ketika di sekolah, aktivitas kita menunjukkan seseorang yang membutuhkan ilmu. Kegiatan kita lebih terfokus pada mencari ilmu, menggali ilmu baik di kelas maupun di luar kelas dan terhindar dari aktivitas-aktivitas yang mubadzir.

Ya, belajar sangat memerlukan niat. sebenar-benarnya niat, bukan sekedar diucapkan. Karena kalo niatnya ga kuat, seringkali kita tergoda oleh aktivitas-aktivitas yang lain. Kuatkan hati untuk selalu memelihara niat belajar, selalu sabar dalam menerima ilmu, dan meminta perlindungan Allah.

Seringkali saya bertanya kepada siswa siswi di kelas, apa tujuan kalian ke sekolah? Jawabannya sangat beragam, namun sebagian besar menjawab ‘belajar’, ‘menuntut ilmu’. Pertanyaan lanjutannya, ketika ke sekolah niatnya menuntut atau mencari ilmu, kok ketika di beri lmu seperti tersiksa? Nah, berarti niatnya belum begitu kuat.

Karenanya, sebelum berangkat ke sekolah, setiap hari mari kita niatkan untuk belajar atau mencari ilmu. Katakan kepada hati kita, “hari ini saya berniat untuk belajar”. Jaga terus niatnya, inget terus niatnya, karena biasanya godaanya besar sekali,

Mudah-mudahan Allah menjadikan kita orang yang senantiasa menjaga niatnya. Aamiin

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 19, 2013 in Motivasi

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: