RSS

sabar dalam belajar

20 Jan

Bismillaahirrohmaanirrohiim…

Meneruskan dari tulisan sebelumnya, bahwa sangat diperlukan niat dalam belajar sehingga kita bisa terus fokus selama menuntut ilmu. Dalam perjalanannya, kita pun perlu menjaga terus niat tersebut agar tidak mudah teralihkan. Perjalanan menjaga niat inilah yang memerlukan kesabaran, sabar dalam segala hal.

Adakalanya dari rumah kita sudah niat untuk belajar, bahkan malamnya kita sudah meneguhkan hati bahwa hari esok, saya akan sungguh-sungguh atau serius dalam belajar, namun dalam kenyataannya di esok hari, berbagai godaan datang, kalau lah kita tidak sabar menghadapinya, kita akan menyerah pada godaan tersebut dan lupa niat semalam.

Ketika di kelas, kita sudah meniatkan untuk belajar serius dan akan memperhatikan pelajaran yang diterangkan oleh guru, eh, malah teman sebangku kita ngajak ngobrol, atau ada sms yang masuk ke hape kita. Buyarlah konsentrasi, dan kalau kita tidak sabar, ikutlah kita dengan godaan tersebut. Karenanya kalau kita belum mampu menahan godaan seperti itu, kita harus memaksa diri kita dengan cara membuat ‘kondisi’ yang memaksa kita untuk serius. Maksudnya bagaimana? Misalnya dengan cara mengambil posisi duduk paling depan, sehingga kita tidak berani ngobrol atau ngantuk sekalipun. Kemudian selama belajar kita menahan diri untuk tidak membuka hape, caranya? ya matikan saja hapenya selama belajar, nanti di bukanya pas istirahat atau pulang sekolah.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menjaga niat kita dalam belajar, asal kitanya bener-bener niat dan sabar dalam melakukannya. Karenanya setiap selesai beribadah, sertakanlah do’a agar kita selalu diberi kesabaran dalam menuntut ilmu.

Kalau kondisi yang tadi banyaknya godaan dari luar, ada juga godaan dari dalam diri sendiri. Kita kadangkala tidak sabar dalam menghadapi diri sendiri. Kita sering menyerah ketika kita mengerjakan tugas atau soal yang diberikan. Kita sering mengatakan tugas ini sulit, soal ini susah, padahal baru dilihat belum dikerjakan ataupun kalau sudah dikerjakan, kita baru satu kali mencobanya, dan langsung menyimpulkan tugas ini terlalu susah buat ukuran saya.

Nah, untuk yang seperti ini, kita harus bener-bener sabar. Sedikit-sedikit kita belajarnya. Kalau ada soal, cobalah dikerjakan, kalau mentok, coba pake cara lain, masih mentok juga coba buka buku lain, masih mentok juga coba buka referensi lain, masih mentok juga coba diskusi sama teman, masih mentok juga coba tanya sama guru. Jadi, jangan menyerah dalam sekali mencoba. Wah, kelamaan dong! makanya saya bilang harus sabar. Tapi percayalah, dengan begitu akan banyak sekali ilmu yang didapat karena banyak informasi yang kita  gali.

Buat kita-kita yang tidak secepat orang lain dalam menyerap dan memahami pelajaran, jangan minder dan menyerah. Orang sabar bisa mengalahkan orang pintar. Belajarlah sedikit demi sedikit, buka ilmu setahap demi setahap, jangan pengen langsung bisa. Sesuaikan dengan kondisi. Bersabarlah, suatu saat kita akan sampai juga pada tempat yang kita tuju.

Sudah dulu ya. Mohon maaf bila tulisannya tumpang tindih, kesana kemari, namanya juga lagi belajar nulis. Sabar ya bacanya, hehehe….

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 20, 2013 in Motivasi

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: