RSS

belajar dengan mengulang

22 Jan

Bismillaahirrohmaanirrahiim

Jika mendengar kata belajar, kata tersebut mengingatkan kita pada murid atau siswa yang sedang belajar di sekolah atau madrasah. Tetapi lebih luasnya, semua dari kita setiap hari selalu belajar, selalu mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru setiap harinya, buktinya, kita tidak pernah bosan dengan hidup. kalau kita merasa bosan berarti pengetahuan kita belum bertambah. Mudah-mudahan kita termasuk orang yang senantiasa belajar.

Pada tulisan sebelumnya, telah dibahas bahwa belajar itu perlu niat dan kesabaran dalam menjaga prosesnya. Dan disini, saya lebih tekankan lagi, belajar itu perlu kesabaran dan ke-istiqomah-an dalam menjalaninya. sebab apa? Sebab kita belajar setiap hari, kita memperoleh ilmu tiap hari dan godaan belajar pun datang tiap hari pula.

Belajar yang baik itu belajar yang sering diulang. Maksudnya, kita sering membaca kembali apa-apa yang sudah dipelajari, memahaminya kembali, sehingga yang kita pelajari benar-benar meresap tidak sekedar ingat saja. Sehingga menurut saya, prinsip mendasar dalam belajar adalah pengulangan. makin sering di ulang maka makin hafal dan makin paham. Makanya istilah tes harian di sekolah sering disebut ulangan. Tujuannya untuk mengulang materi yang telah dipelajari, hanya saja bentuknya berupa tes.

Jika kita pengen paham suatu materi, sering-seringlah membaca ulang materi tersebut, kalau bisa setiap hari, Insya Allah tanpa disadari kita akan hafal sendiri, kita akan faham sendiri, asal konsisten saja dalam melaksanakannya. Ya, hanya dengan membaca berulang-ulang pun, lama kelamaan kita akan hafal sendiri, walaupun kita tidak berniat menghafalnya.

contoh konkritnya begini, sering saya katakan kepada para siswa, kalau kalian mau pergi ke sekolah, kemudian diperjalanan ada spanduk yang terbentang, pasti ada rasa penasaran untuk membacanya. Kita pun membaca sepintas bacaan dalam spanduk tersebut tanpa maksud pengen menghafalnya. Besoknya, kita lewat jalan yang sama, dan membaca spanduk itu lagi. Lusa pun demikian, dan kejadian itu terus berlangsung tiap hari. Maka, Insya Allah di hari ke 20 atau 30, kita akan hafal tulisan dalam spanduk tersebut, walaupun kita tidak melihatnya secara langsung bahkan detail warnanya pun sudah terrekam di otak kita. Kenapa bisa? karena kita membacanya setiap hari, kita mengulangnya setiap hari.

Contoh lain, saya punya anak umur 3 tahun. Setiap hari pulang kerja, saya jemput dia dari rumah neneknya pake motor. Diperjalanan, saya sering membaca do’a sebelum makan dengan suara keras dan berulang-ulang. Saya berhenti membaca kalau sudah sampai di rumah. Dan seminggu kemudian, ternyata anak saya sudah hafal do’a sebelum makan. Hal ini terjadi karena dia mendengar secara berulang-ulang.

Karenanya, seringlah mengulang pelajaran yang sudah diberikan atau dipelajari. Tidak ada orang yang bodoh, hanya malas saja. Kecepatan tiap orang dalam menyerap materi itu berbeda. Ada yang sesudah diterangkan oleh guru langsung mengerti, ada juga anak yang baru mengerti keesokan harinya karena sudah diulang lagi di rumah, ada juga yang baru mengerti minggu depan atau bahkan bulan depan. Tidak masalah, kan yang penting pahamnya. Karenanya, bukan masalah bodoh atau pintar tapi masalah waktu saja. Kalau kita menyadari bahwa kita termasuk orang yang lama dalam memahami maka biar sama dengan yang cepat, tambahlah waktu untuk mengulanginya.

Sekali lagi, biasakan mengulang (membaca ulang) materi pelajaran setiap hari. Bersabarlah dan nikmatilah. Orang sabar bisa mengalahkan orang pintar, kecuali orang pintarnya sabar juga. Hehehe…

sudah dulu ya, mohon maaf bila tulisanya kurang tersusun sehingga tidak bisa paham dalam sekali baca. Kalau belum paham, ulangi lagi bacanya. kan harus di ulang-ulang biar paham. hehehe….

Salam

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 22, 2013 in Motivasi

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: